Memanfaatkan Sampah Dari Dapur Ibuku Untuk Kompos

Setiap hari ibuku memasak. Setiap kali memasak ibuku selalu menyisakan sampah. Ada dua jenis sampah yang aku dapati di tempat sampah di dapur. Pertama sampah organik dan yang ke Dua sampah non organik. Sampah organik biasanya berupa sisa sayuran, cangkang telur, sisa kepala dan duri ikan dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan sampah non organik biasaya berupa plastik bekas minyak goreng dan plastik-plastik lain bekas bungkus makanan dari pasar. Melihat sampah yang sedemikian itu aku jadi terpikir untuk membuat kompos dari bekas sampah dapur ibuku. Karena aku belum begitu paham cara pembuatannya, akhirnya aku browsing di internet dan mencari tahu cara membuat kompos dari sampah organik. Mau tahu caranya?

Inilah Tempat Sampah Organik Di Rumahku
Untuk membuat kompos dari sampah organik sederhana seperti yang saya buat di rumahku, ada beberapa persyaratan sederhana yang harus disiapkan. Dengan persiapan-persiapan sederhana ini, maka proses pengomposan akan berjalan lancar. Hal-hal yang harus disiapkan antara lain:
1. Niat
Niat selalu saya posisikan nomor satu ketika akan melakukan hal apapun, termasuk dalam hal ini membuat kompos dari sampah organik di dapur. Kalau tidak punya niat yang kuat, maka proses pengomposan sederhana ini tidak bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana.
2.  Britahu Seluruh Keluarga
Ketika kita sudah niat mau membuat kompos dari sampah di dapur, kasih tahu seluruh orang dalam keluarga Anda agar menaruh sampah sesuai tempatnya. Dengan memberi tahu dan memberi contoh kepada seluruh anggota keluarga, maka proses pengomposan di rumah Anda akan berjalan dengan lancar dan berjalan secara otomatis.
3. Siapkan Drum
Setelah Anda sudah menyiap drum, letakkan drum tersebut di tempat yang beratap agar ketika hujan tidak terkena air hujan. Berilah bantalan drum tersebut dengan batu bata.  Jika tidak ada tempat yang beratap untuk menaruh drum tersebut, berilah drum tersebut dengan tutup yang aman.
Setelah drum tersebut siap, masukkan sampah organik ke dalam drum setiap hari. Anda bisa melakukannya setiap pagi, siang, sore atau malam hari. Masukkan seluruh sampah organik dari dapur ke dalam drum tersebut. Jika memungkinkan cincang sampah-sampah tersebut hingga lembut. Selanjutnya aduk sampah organik di dalam drum tersebut setiap seminggu sekali. Jika drum tersebut sudah penuh, tutup drum tersebut dengan rapat. Diamkan selama kurang lebih Tiga bulan. Setelah itu tumpahkan dan lihatlah, Anda sudah bisa membuat kompos dari sampah di dapur.
4. Campurkan Tanah, Kotoran Kambing, Sisa Gergajian Dan Kapur (Gamping) 
Seperti yang saya lakukan, saya mencampurkan atau mengisi drum tersebut masing-masing Lima timba (kotoran kambing, tanah liat, sisa gergajian kayu). Untuk gampingnya saya kasih secukupnya. Dengan memcampurkan kotoran sapi, sisa gergajian kayu dan tanah liat, maka hasil komposnya semakin baik. 
Setelah tiga bulan, saya membuka kompos tersebut dan hasilnya sangat bagus sekali. Sebelumnya saya diolok-olok sama tetangga, "kayak ndak ada kerjaan saja. masak sampah disimpan dalam drum dekat rumah". Olokan tersebut saya acuhkan. Namun dengan hasil kompos tersebut, bapakku bisa memupuk sayuran dan cengkeh dipekarangan dengan tanpa membeli pupuk dari toko. Dan hasilnya tidak kalah dengan pupuk dari toko. Anda mau mencoba.... silahkan. Dan mari membuat kopos dari sampah karena itu mudah dan murah. Selamat mencoba. 

Sampah dari Dapurnya Ibuku

Di Tempat Sampah Ini Dulu Ibuku Menaruh Sampah Organik Dan Non Organik Jadi Satu Lalu Di Buang Ke sungai

Di Tempat Ini Sampah Organik Ibuku Sekarang Di Kumpulkan Dan Dijadikan Kompos

Tidak ada komentar: