Kawasan Rawan Banjir Di Kali Songo

Meskipun di kawasan hulu Kali Songo masih bagus, namun di beberapa bagian tengah Kali Songo masih banyak area yang perlu mendapatkan perhatian. Area tengah Kali Songo khususnya kawasan yang menjadi tempat menanam pohon kelapa warga masyarakat setempat (Dukuh Dayu) sering terkena banjir. Dan ancaman banjir selalu menghantui masyarakat. Karena tanaman kelapa masyarakat yang berada di tepi sungai bisa terbawa erosi jika curah hujan tinggi.

Arena Tengah Kali Songo (Perkebunan Kelapa)


Dulu, wajah sungai tidak serupa di atas. tepian sungai masih banyak pohon perdu yang dapat menangkal erosi. berbagai macam jenis ikan juga masih banyak. Wajah sungai saat ini seperti gambar di atas adalah jejak banjir yang sering melanda kawasan tengah Kali Songo. Banyak pohon kelapa yang berada di tepi sungai roboh dan di bawa arus sungai ke laut. Tebing atau tepi sungai nampak rentan dan berpotensi longsor. Hal ini sangat merugikan para pemilik perkebunan. 

Tepi Sungai Rentan Banjir

Untuk mengantisipasi banjir di masa mendatang, Paguyuban Trisno Kali Songo berencana melakukan penanaman pohon di tepian sungai (Tengah Kali Songo) tepatnya di arena perkebunan kelapa masyarakat setempat. Jenis kayu yang akan di tanam adalah kayu Nyamplong sejumlah Seribu (1000) pohon. Bersama Muspika Kec. Watulimo, Perum Perhutani, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan, Karangtaruna Dukuh Dayu, tokoh masyarakat, Pramuka, Pemerintah Desa dan seluruh lapisan masyarakat di Dukuh Dayu Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek Jatim akan melakukan penanaman pada tangggal 13 Mei 2012. Mohon dukungan donasi dan doanya. Semoga apa-apa yang kami lakukan bermanfaat bagi lingkungan kita bersama. Amin.

2 komentar:

KangFarhan mengatakan...

semoga niat tulus untuk menyelamatkan alam dapat tercapai dengan bantuan berbagai elemen masyarakat ya mas

kalisongo mengatakan...

Terimakasih Kang Farhan..... Mohon motivasi dandukungannya.... moral, material dan semangat.....