Saluran WC Di Buang Ke Sungai

Sebagian masyarakat di dukuh Dayu desa Karanggandu kecamatan Watulimo yang sudah memiliki WC sendiri di rumah, mereka mengarahkan saluran WC-nya ke sungai. Sehingga menjadi penyumbang bagi tercemarnya sungai di kampung. Menurut warga masyarakat yang membuang saluran WCnya ke sungai, langkah yang telah ditempuh sudah dianggap benar. Namun untuk mengantisipasi semakin banyaknya penyumbang pencemaran di sungai, sampai saat ini pihak desa belum atau tidak terbersit untuk memberi pengarahan.

Salah Satu Saluran WC Yang Diarahkan Ke Sungai
Pada saat volume air sungai kecil atau saat kemarau, kondisi sungai sangat menjijikkan. Karena banyak warga kampung yang membuang air besar ke sungai. Ditambah lagi melimpahnya sampah rumah tangga yang di buang ke sungai menambah bau tidak sedap ketika melewai sungai.

Mengapa persoalan yang sering terjadi ini berulang dan berulang kembali tanpa ada penanganan? Mengapa masyarakat tidak memiliki keadaran untuk membuat tempat sampah umum? masyarakat tidak pernah mau berpikir. Dan aparat desa atau pemerintahan desa juga belum mengeluarkan inisiasi untuk menangani persoalan sampah.

Tidak ada komentar: