Alasan Membuang Sampah Ke Sungai


Sampah seharusnya di buang di tempat sampah. Mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kantor maupun tempat-tempat umum lainnya. Setelah terkumpul selanjutnya di buang di tempat pembuangan sampah. Namun mengapa masih banyak orang membuang sampah ke sungai atau membuang sampah tidak pada tempatnya? apa alasannya?

Potret sampah di bawah jembatan bambu di atas adalah sampah yang di buang ke sungai oleh warga kampung Dayu Desa Karanggandu Watulimo Trenggalek Jatim. Mereka dengan sadar melakukan itu. Menjadikan sungai sebagai tempat sampah. Apapun jenis sampah yang di hasilkan dari rumah tangga dan sampah-sampah lainnya di buang ke sungai.

Ketika team dari Paguyuban Trisno Kali Songo melakukan penelusuran kepada beberapa masyarakat di kampug Dayu tentang alasan paling menonjol mengapa mereka membuang sampah ke sungai adalah karena mereka tidak memiliki pekarangan yang bisa dipakai untuk tempat sampah.
Sesungguhnya pihak Desa Karanggandu telah menempatkan beberapa papan pengumuman pelarangan membuang sampah ke sungai. Namun masih saja ada yang membuat sampah ke sungai. Jadi papan pelarangan tersebut belum memberi efek bagus. Artinya masyarakat belum memiliki kesadaran untuk menaruh sampah pada tempatnya. Mengapa demikian? Karena ketika masyarakat membuat tempat sampah di rumahnya masing-masing ternyata belum ada tempat pembuangan akhir dari sampah tersebu. Dengan demikian sungai akhirnya menjadi tempat paling mungkin bagi warga setempat untuk di jadikan pembuangan sampah. 
Bagaimana peranan pemerintahan Desa Karanggandu dalam menangani persoalan sampah di desa Karanggandu? Kalau tidak ada penanganan berarti tidak pernah dipikirkan. Atau pernah dipikirkan namun sulit untuk mewujudkannya. Atau..... entahlah,,, sampah...sampah.... kamu akan aku daur ulang menjadi pupuk pada suatu saat nanti. Tunggu saja tanggal mainnya.

Tidak ada komentar: