Paguyuban Trisno Kali Songo; Terbar Benih Ikan Bersama Masyarakat Dan PMBC (Prigi Mountain Bike Club)

Pagi ini, 22 Januari 2012 Paguyuban Trisno Kali Songo melaksanakan agenda perdananya setelah hampir sebulan melakukan konsolidasi bersama para pemuda di kampung Dayu dan Complongan serta tokoh-tokoh masyarakat. Agenda perdana ini adalah tebar benih ikan. Pelaksanaan kegiatan dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan dipusatkan di  rumah Kepala Dusun sebelum akhirnya benih ikan tersebut di bawa ke hulu dan tengah DAS Kali Songo.

Sambutan Ketua Paguyuban 
Hadir dalam agenda tersebut seluruh ketua RT dan RW dukuh dayu dan Complongan serta para kyai pemangku masjid dan musola. Tidak ketinggalan pula kepala Desa Karanggandu, ketua BPD, Muspika Kecamatan Watulimo juga turut hadir. Special tamu undangan yang turut memeriahkan agenda tebar benih ikan kali ini adalah para pecinta sepeda gunung yang tergabung dalam PMBC (Prigi Mountain Bike Club). Dalam sambutannya ketua paguyuban mengatakan bahwa acara tebar benih ikan kali ini sekaligus deklarasi akan keberadaan paguyuban  di dukuh Dayu, desa Karanggandu, kec. Watulimo, kab. Trenggalek. Dengan berdirinya paguyuban ini dimohon para hadirin mendukung baik moral maupun spiritual agar visi dan misi dapat terwujud.

Selain ketua Paguyuban Trisno Kali Songo, kepala dusun Dayu dan kepala desa Karanggandu juga turut memberi sambutan. Mereka sangat mengapresiasi akan keberadaan paguyuban. Kepala dusun dan kepala desa sangat mendukung dan akan turut membantu program-program yang akan dijalankan oleh paguyuban di masa-masa mendatang.

Pak Kasun Memberikan Sambutan



Sambutan Kepala Desa

Setelah semua sambutan usai, acara selanjutnya yaitu penyerahan secara simbolis benih ikan dari ketua paguyuban kepada kepala desa selanjutnya di serahkan kepada perwakilan dari PMBC untuk di arak bersama menuju hulu dan tengah kali Songo. Namun sebelum arak-arakan penebar benih berangkat, kyai Syahroni dari dusun Complongan memimpin doa sebagai tanda acara usai dan penebaran benih di mulai.

Kyai Syahroni Dari Complongan memimpin doa

Serah-terima Secara Simbolis Benih Ikan 
Dari Ketua Paguyuban Kepada Kepala Desa

Serah-terima Secara Simbolis Benih Ikan 
Dari Kepala Desa Kepada Perwakilan PMBC

Setelah seluruh rangkain acara di rumah bapak Kasun rampung, rombongan penebar benih yang terdiri dari warga kampung Dayu dan Complongan, kelompok PMBC, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat lalu melakukan perjalanan menuju ke kali Songo. Mereka penuh semangat, ada yang naik motor, jalan kaki dan bersepeda (PMBC). Walaupun melewati jalanan yang sempit dan becek berlumpur karena musim hujan serta berlobang, namun tidak menghalangi niat mereka semua. Keringat bercucuran turun di dari kening ke pipi. Akhirnya sampai pula mereka di tempat tujuan yakni aliran tengah DAS Kali Songo dan melepas ikan ikan ke dalam bening airKali Songo.

 Jalan Menuju Kali Songo


Seberangan Menuju Kali Songo (Sangklatan)

Ketua Paguyuban, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan PMBC 
Melakukan Tebar Benih Ikan Di Titik Pertama


Tebar Benih Titik ke Dua Di Kali Songo


 Tebar Bibit Ikan Di Titik Ke Tiga Kali Songo

Setelah proses penebaran benih usai, para pesepeda gunung tak sabar untuk nyebur ke dalam kedung Kali Songo. Sentuhan air yang dingin dan segar merangsang keinginan untuk menyelam dan bermain air kali yang bening itu. Mereka berlompatan dan bermain air serupa kanak-kanak. Setelah puas mandi dan main air, rombongan meninggalkan lokasi penebaran benih. Para pesepeda tak sabar ingin sampai ke tempat pak Kasun lagi. Karena di sana di sediakan puluhan durian untuk di santab bersama-sama.


Para Pesepeda (PMBC) Sedang Mandi Di Kedung Kali Songo


Mak...... Byur...........
Enak.... Tenan.... Duriannnya...

Semoga Menjadi Amal Bakti Bagi Sungai Dan Ibu Pertiwi Dan Diterima Yang Maha Kuasa. Amin




5 komentar:

itok mengatakan...

RT, RW dan COmplongan tuh beda? apa bedanya? kalau yg paling berwenang dan bertanggung-jawab atas sungai siapa?

sugianto mengatakan...

Kami merekrut ketua RT menjadi seksi Humas di Paguyuban Trisno Kali Songo, dan pemangku mushola dan masjid sebagai seksi penerangan (menyampaikan program, atau agenda paguyuban serta kesepakatan-kesepakatan yang di buat paguyuban Trisno Kali Songo) kepada masyarakat diseluruh kampung (Dayu dan Complongan) melalui agenda rutin Yasin-an bapak-bapak maupun ibu-ibu di dukuh dayu dan Complongan (nama Dukuh/kampung kecil)

sugianto mengatakan...

RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), Complongan (nama Dusun Kecil), Semuanya sangat berperan penting di dalam mewujudkan dari visi dan misi paguyuban)

Anonim mengatakan...

Jenis ikan apa yang ditebar, pak? Terimakasih atas informasinya.

kalisongo mengatakan...

ada ikan lokal juga ada ikan dari perairan asing (Nila -sedikit), sidat, udang galah, dll total 1000 ekor