Air dan Sungai

Air adalah sumber kehidupan. Sungai adalah tempat air mengalir. Air dan sungai harus di jaga agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Orang kadang tidak menyadari bahwa 70 % tubuhnya itu terdiri dari air. Jika air yang diminum sehat, sangat mungkin komponen tubuhnya akan sehat dan baik. Jika sungai di jaga dengan baik (tidak membuang sampah ke sungai) sangat mungkin sampah plastik di sawah dan di tepi pantai tidak berserakan serupa saat ini saat musim mengolah sawah dan musim hujan telah tiba. Masyarakat belum memiliki kesadaran untuk menjaga kwalitas air di sungai (di kampungnya sendiri) dan menjaga sungai agar bebas dari segala sampah. Tugas siapa menjaga sungai agar tetap mengalir jernih dan tidak menjadi tempat sampah?

 Kali Songo yang jernih ini harus di jaga

Kami dari team Paguyuban Trisno Kali Songo mencoba melakukan survey dalam arti sederhana yakni bertanya dan melontarkan obrolan kepada banyak orang di kampung kami sendiri (Dukuh Dayu Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Trenggalek Jatim) terkait air dan sungai. Sebagian besar dari mereka saat kami melontarkan kata-kata air dan sungai mereka mereka berkomentar, "gitu saja kok di urus". Dari situ dapat kami simpulkan bahwa mereka belum mengetahui betapa pentingnya air dan sungai bagi kehidupan mereka setiap hari. Padahal mereka semua memanfaatkan air dan khususnya sungai yang melintas di kampung yang mereka huni dan mereka semua selalu menggunakan air untuk minum, mencuci, mandi mengairi sawah dan lain sebagainya. Bagi mereka yang berpendapat demikian, itu adalah tugas kami selaku koordinator paguyuban untuk berbagi kesadaran tentang betapa pentingnya menjaga air yang mengalir dari Kali Songo yang meniltas di kampung kami.

Namun ada juga sebagian masyarakat yang merasa prihatin dengan kondisi aliran Kali Songo yang melintas di kampung kami. Meski jumlahnya tidak banyak, pada mereka semua kami mencoba untuk terus berbagi kesadaran untuk menata kembali kesadaran masyarakat tentang air dan sungai. Selaku koordinator paguyuban Trisno Kali Songo bersama-sama sebagian masyarakat yang memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga air dan aliran Kali Songo yang melintas di kampung kami agar tetap bersih, kami mencoba memasukkan gagasan itu lewat forum-forum Yasin-an di kampung. Mereka yang membentuk kegiatan Yasin-an adalah para ibu-ibu, anak-anak muda (Karangtaruna), dan bapak-bapak yang terkoordinir lewat mushola dan masjid setempat. Kami mendorong kepada para imam Yasin-an untuk menyampaikan pesan dakwahnya juga mengulas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya persoalaan kebersihan sungai.

 Sampah di Pantai Sidem Tulungagung

2 komentar:

Anonim mengatakan...

setujuu...kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga sungai!! Bersyukurlah sungai kita masih dialiri oleh air. Tanpa air tidak mungkin ada kehidupan didunia ini.

Moes Jum mengatakan...

mantep itu kalo ibu2 pengajian juga bisa diajak ikut serta menjaga sungai