DAS (Daerah Aliran Sungai) Kali Songo

DAS (Daerah Aliran Sungai) Kali Songo terletak di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. DAS Kali Songo panjangnya kurang lebih 10 km dari mata air gunung Genthong dan sekitarnya sampai di muara Pantai 'pancer' cengkrong. Dusun yang di lewati Kali Songo adalah Dusun Dayu dengan penghuni kurang lebih 400 KK (Kepala Keluarga). 

Aliran Tengan Kali Songo
Kali Songo sangat penting peranannya untuk mencukupi pasokan air persawahan di kampung (dukuh) Dayu, Complongan dan Gandu. Saat ini karena curah hujan tidak begitu tinggi membuat aliran Kali songo tidak mampu memenuhi kebutuhan air di area persawahan yang ada. Bening aliran Kali Songo menunjukkan betapa kondisi air di sana masih murni dan belum tercemari oleh plastik, limbah pabrik dan sebagainya.

Namun sayangnya volume air dari Kali Songo tidak serupa dulu. Menurut Bapak Djumingan, 60 tahun, Dulu Kali Songo tidak pernah berkurang volumenya sedrastis saat ini saat musim kemarau tiba. Berkurangnya Volume air ini disebabkan adanya penebangan hutan yang ada disekitar gunung Genthong untuk perkebunan rakyat. Walaupun di Hulu nampak jenih dan airnya melimpah, namun di tengah dan di hulu Kali Songo volume airnya nampak berbeda. Apalagi aliran sungai yang melintas disekitar pemukiman warga. Di sekitar pemikiman warga aliran usai berbenturan dengan sampah yang di buang dengan seenaknya di badan sungai seperti gambar di bawah ini.

Sampah Di Bawah Jembatan Bambu I

Sampah Di Bawah Jembatan Bambu II

Sampah Di Bawah Jembatan Bambu III
 
Sedang di muara, berbeda lagi. Karena muara di pancer Cengkrong memiliki tanaman mangrove yang cukup bagus. Sehingga nampak aliran sungai begitu besar dan nyaman buat bermain sampan. Ketika air laut sedang pasang, banyak orang memanfaatkan untuk memancing dan memasang jebakan untuk menjebak kepiting, ikan dan udang yang ada di panceng Cengkrong.

Muara Pancer Cengkrong



Tidak ada komentar: